TELEMEDICINE
Telemedicine merupakan suatu layanan kesehatan antara dokter atau praktisi
kesehatan dengan pasien jarak jauh guna mengirimkan data medik pasien
menggunakan komunikasi audio visual mengunakan infrastruktur telekomunikasi
yang sudah ada misalnya menggunakan internet,satelit dan lain sebagainya.
Antara pasien dengan praktisi kesehatan harus memiliki jaringan internet yang terhubung secara global. Sehingga pasien bisa menggunakan telemedicine. Telemedicine sendiri memiliki banyak layanan. Antara lain :
·
Telekonsultasi : konsultasi jarak jauh
antara pasien dengan praktisi kesehatan mengenai perawatan atau sakit yang
dialami pasian.
·
Teleedukasi : merupakan layanan
kesehatan yang bersisi mengenai informasi pendidikan yang menunjang untuk
kesehatan pasien. Misal edukasi mengenai informasi obat-obatan berbahaya.
·
Telekardiologi : merupakan pelayanan
kesehatan jarak jauh untuk penderita sakit jantung.
·
Teleradiologi
·
Telepatologi
·
Teleradiologi dan lain-lain.
Manfaat telemedicine mencakup kedalam 3 aspek yang saling terkait satu sama
lain yaitu pasien, dokter dan rumah sakit. Manfaat langsung bagi pasien adalah:
·
Mempercepat akses pasien ke pusat-pusat
rujukan.
·
Mudah mendapatkan pertolongan sambil
menunggu pertolongan langsung dari dokter-dokter pribadi.
·
Pasien merasakan tetap dekat dengan
rumah dimana keluarga dan sahabat dapat memberikan dukungan langsung.
·
Menurunkan stres mental atau ketegangan
yang dirasakan di tempat kerja.
·
Menseleksi antara pasien-pasien yang
perlu dibawa ke rumah sakit dan pasien yang tidak perlu perawatan di rumah
sakit akan tetap tinggal di rumah.
Telemedicine di Indonesia sudah berkembang cukup signifikan. Di Indonesia
sudah meluai menggunakan telemedicine sejak tahun 90an. Pada era tersebut masih
menggunakan teknologi telepon standar. Di era sekarang telemedicine sudah
berkembang lebih pesat, misalnya di Surabaya antar puskesmas di seluruh
Surabaya sudah saling terhubung dengan tekologi internet dan sudah
terhubungsatu dengan yang lain, selain itu puskesmas juga sudah terhubung
dengan pusat kesehatan kota. Tetapi bandwidth di Indonesia masih kurang untuk
dilakukan teleconference antar pasien dengan praktisi kesehatan. Tetapi hal ini
memungkinkan apabila antar puskesmas dengan pusat kesehatan kota memiliki akses
internet sendiri tidak menggunakan layanan public internet.
Cangkupan layanan telemedicine meliputi :
·
Skala Mikro : Dilaksanakan oleh salah
satu intansi layanan kesehatan dalam skala terbatas
·
Skala Makro:
o
Aplikasi Sektoral
Terbatas untuk satu subdisiplin ilmu
kedokteran/ bidang layanan kesehatan
o
Aplikasi Regional
Mencakup keseluruhan bidang layanan kesehatan terbatas pada wilayah
tertentu dalam satu negara
o
Aplikasi Nasional
Mencakup seluruh bidang layanan kesehatan di seluruh wilayah suatu negara..
http://riyadiaja.com/telemedicine/
KESIMPULAN : Telemedicine paling bermanfaat untuk masyarakat yang tinggal
di daerah terpencil ataupun daerak yang jauh. Saat ini telemedicine diterapkan
secara virtual untuk semua bidang medis. Telemedicine sudah menjadi bagai
penting dalam sebuah pengobatan. Telemedicine di indonesia harus di perbaiki terutama
dalam telekomunikasi agar masyarakat yang ada di pedesaan bisa dengan langsung
mendapatkan pelayanan kesehatan melalui telekomunikasi ataupun internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar